Belajar JQuery

Tahapan Awal Belajar jQuery Bagi Pemula

Belajar JQueryBagi yang tertarik belajar jQuery tentu bisa mencoba ikut kursus ataupun memilih berusaha lebih keras lewat metode otodidak. jQuery termasuk bahasa pemrograman berbasis Javascript yang cukup populer dan banyak digunakan. Tidak mengherankan jika kemudian banyak programmer mencoba menguasainya, agar bisa mengikuti perkembangan aplikasi website.

Mengenal Apa Itu jQuery

Secara sederhana jQuery bisa didefinisikan sebagai bahasa pemrograman yang berjalan di dalam web browser. Dikenal pula sebagai salah satu library Javascript yang sudah lebih dulu populer untuk membangun aplikasi web di kalangan pecinta coding. Melihat pengertian ini maka bisa disimpulkan jika bahasa jQuery mudah untuk digunakan dan memberi fasilitas lebih dalam membangun aplikasi web baru.

Hanya saja perlu diakui jika mempelajari bahasa mesin satu ini masuk kategori gampang-gampang susah. Dikatakan susah khususnya bagi pemula yang masih sangat alfa terkait dunia coding dalam ilmu pemrograman. Namun menjadi mudah untuk dipelajari bahkan dikuasai bagi para programmer yang sebelumnya sudah menguasai Javascript.

Apabila ingin menguasai jQuery dengan lebih cepat, bisa mempertimbangkan mempelajari dulu Javascript. Namun jika dirasa akan memakan waktu terlalu lama dan sekiranya lebih suka jQuery, tentu bisa mengikuti kursus. Meskipun coding yang digunakan pada dasarnya adalah Javascript, artinya ketika mempelajari bahasa ini sama juga sedang mempelajari Javascript tersebut.

Tahapan Belajar jQuery

Membantu belajar jQuery dengan lebih mudah, sebaiknya mengikuti beberapa tahapan berikut ini yang dijamin sangat membantu para pemula sekalipun:

  1. Memasukan Referensi jQuery di Coding

    Dalam mempelajari bahasa jQuery maka akan langsung mengarah pada coding, ternyata ada awalan yang sebaiknya tidak dilupakan. Yakni menambahkan referensi di bagian awal atau head coding jQuery yang diketikan. Referensi ini akan berbentuk link yang sumbernya tercantum di bagian akhir link tersebut. Pastikan koneksi internet berjalan baik agar coding head ini terbaca dengan baik.

  2. Mempelajari Event jQuery

    Event dalam dunia coding adalah perubahan kursos sampai tampilan aplikasi web, seperti tombol dengan keterangan tertentu di dalamnya. Semua tampilan ini terbentuk atas sekumpulan coding di bagian dalam desain web tersebut. Dalam mempelajari jQuery penting untuk mempelajari event, sehingga bisa menyajikan tampilan, informasi, dan tuntunan yang tepat bagi siapa saja yang mengakses web berbasis jQuery tersebut.

  3. Memanipulasi DOM

    Agar tampilan aplikasi website lebih dinamis maka penambahan DOM atau document object model diperlukan di dalam coding, khususnya Javascript dimana menjadi dasar jQuery. Ketika memakai Javascript coding yang dituliskan akan sangat panjang, dan kabar baiknya tidak demikian di jQuery. Penambahan DOM bertujuan memberi tanda khusus ketika sebuah pilihan dilakukan pengakses website. Nantinya website lebih dinamis dan responsif.

  4. jQuery AJAX

    bahasa jQuery memungkinkan proses update data menjadi lebih mudah bahkan tanpa harus melakukan refresh. Caranya adalah dengan memanggil AJAX di dalam coding jQuery itu sendiri. sehingga ketika perlu melakukan update data terbaru bisa dilakukan secara otomatis oleh aplikasi web yang dibuat. Hasilnya tentu lebih realtime dan hemat waktu karena tidak perlu merefresh tampilan web.

jQuery menjadi pilihan menarik untuk dikuasai bagi siapa saja yang menekuni profesi sebagai programmer. Sebab cukup mudah karena hanya ada sedikit pengembangan di coding setelah menguasai Javascript. Menariknya lagi ada beberapa coding yang membuatnya lebih simpel dan atraktif dibanding Javascript itu sendiri. Apabila tertarik belajar jQuery secara profesional maka bisa menghubungi kontak 0896-5331-2998 untuk kursus jQuery terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *