Apa Saja Jenis Pekerjaan di Dunia IT?

7 Pekerjaan Bidang IT yang Memberi Jaminan Masa Depan

Apa Saja Jenis Pekerjaan di Dunia IT?Siapa saja yang tertarik mempelajari dunia IT sebaiknya tidak berhenti di tengah jalan, karena ada banyak pekerjaan bidang IT yang menawarkan prospek menggiurkan. Perkembangan di bidang teknologi terus berjalan dengan pesat, dan keterlibatan tenaga IT sangat kental di dalamnya. Meski dikenal rumit namun ketika menguasai dunia IT meski ilmunya masih terbatas, maka masa depan lebih terjamin.

Profesi Dunia IT dengan Prospek Bagus

Masa depan pemilik pekerjaan bidang IT dikatakan terjamin karena ada beberapa pekerjaan yang memberi kesempatan punya masa depan gemilang. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Pengembang Software

    Seorang pengembang software atau perangkat lunak memiliki tugas untuk melakukan riset, mendesain, implementasi dan juga menguji software. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat berbagai perusahaan di berbagai bidang menggunakan software khusus. Sehingga tenaga pengembang software sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan, dan gajinya juga tinggi.

  2. Database Administrator

    Pemilik ilmu komputer juga bisa menekuni profesi database administrator yang bertugas untuk mendesain, memelihara, dan memperbaiki kerusakan database. Tanggung jawab utama pemilik pekerjaan bidang IT satu ini adalah memastikan database berfungsi dengan baik. Semua perusahaan yang memiliki database dijamin membutuhkan tenaga di sektor ini dan memberi gaji yang tinggi.

  3. Hardware Engineer

    Profesi hardware engineer juga cocok ditekuni bagi pemilik keahlian memodifikasi tata letak perangkat keras komputer. Tujuan dari pekerjaan ini adalah meningkatkan efisiensi dari komputer yang dikerjakan. Meskipun pekerjaannya monoton dan di depan meja kantor, namun cocok untuk siapa saja yang suka pekerjaan dengan kepastian tinggi, baik dari segi tanggung jawab harian sampai ke gaji.

  4. Network Architect

    Sesuai dengan namanya, profesi satu ini berhubungan dengan proses membangun dan memelihara sebuah jaringan komunikasi. Saat ini nyaris semua perusahaan membutuhkan koneksi wifi, sehingga kebutuhan tenaga ahli satu ini sangat tinggi. Jika berbicara soal gaji maka akan menemukan nominal yang menjamin masa depan pelakunya.

  5. System analyst

    Tak melulu profesi di bidang IT berkaitan dengan komputer, jaringan, maupun coding dengan berbagai bahasa pemrograman. Sebab ada pula profesi system analyst yang menjadi penengah antara tenaga IT dengan pelaku bisnis. Tugas utama pemilik profesi ini adalah melakukan analisa kebutuhan perangkat dalam membangun sebuah sistem.

  6. Web Developer

    Bagi siapa saja yang menginginkan pekerjaan dengan jam kerja fleksibel namun bergaji tinggi, maka bisa menjadi seorang web developer. Pengembang website akan berurusan dengan berbagai bahasa pemrograman untuk menghasilkan aplikasi di website. Biasanya seorang web developer memiliki jam kerja fleksibel namun wajib mengikuti deadline, dan gajinya pun terbilang tinggi.

  7. IT Support

    Satu lagi profesi di bidang IT yang memiliki jam kerja fleksibel, yakni IT Support yang bertugas menyediakan segala kebutuhan teknisi IT. Biasanya pemilik profesi ini wajib datang atau ada ketika dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Meski jam kerjanya menjadi tidak menentu, namun total jam kerja lebih terbatas dengan pendapatan yang tinggi. Sangat cocok ditekuni oleh siapa saja yang pintar mengatur waktu, antara kegiatan pribadi dan profesional.

Memiliki keahlian di bidang IT memberi keuntungan tersendiri, yakni pekerjaan yang beragam dan dibutuhkan banyak perusahaan. Gaji yang diterima pun tentunya bisa memberikan jaminan masa depan yang lebih baik. Hanya saja sejalan dengan kerumitan dan kesulitan menjadi tenaga IT, maka perlu mengasah ilmu sedalam mungkin agar sukses dengan pekerjaan bidang IT yang ditekuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *